Telp Kantor : 021 84903138 > HP / Whatsapp : 0821 22363 777 / 0878 771 77600   |   pikalkaryono@keratondakbeton.com

Dak Beton Keraton

Artikel Dak Beton Keraton

Dak Keraton, Solusi Dak Kuat Dengan Biaya Hemat!

keraton dak beton

Di era sekarang yang semuanya serba modern persaingan akan teknologi tentunya menjadi hal yang wajar terutama di kota-kota besar tak terkecuali Ibu kota Jakarta. Dikarenakan makin sempitnya lahan permukiman di perkotaan dan mahalnya harga tanah yang sudah tidak lagi bisa di jangkau oleh banyak masyarakat sehingga mendorong pembuatan bangunan secara vertikal atau dengan kata lain memaksa masyarat sekarang untuk memilih mendirikan bangunan bertingkat, baik baik perkantoran maupun rumah tinggal. Untuk mendirikan bangunan bertingkat kita membutuhkan plat lantai (Dak Lantai) yang memang sudah wajib dilakukan untuk membangun bangunan bertingkat. Seiring berjalannya waktu berbagai jenis material/bahan bangunan sudah digunakan untuk membuat dak lantai dari mulai dengan cara membuat anyaman besi dan di lapisi oleh adukan beton atau yang sering kita sebut Dak Beton hingga yang jaman sekarang ini digunakan Panel Beton Susun. Namun karena semakin mahalnya harga material, makin banyaknya pemakaian SDM dalam pengedakan dan juga Upah pekerja yang makin mahal hal ini mendorong munculnya teknologi material baru yang lebih ekonomis dan efisien. Yaitu Keramik Komposit (Dak Keraton). Nah, berikut kami ini kami jabarkan beberapa keunggulan dak keraton :

1.LEBIH RINGAN

Keraton terbuat dari tanah liat yang dibakar dan didalamnya memiliki rongga. Kurang lebih 130-150 kg/m2 dibandingkan dengan beton 288 kg/m2. Bobot yang ringan ini menyebabkan beban strukur yang didukung oleh kolom bisa dihemat. Selain itu, keuntungan bobot yang ringan akan memperkecil gaya gempa yang diterima oleh stuktur bangunan. Ini berarti bila mengalami keruntuhan, lantai tidak akan runtuh dalam bentuk lempengan besar dan berat tetapi dalam bentuk lempengan kecil.

2.KUAT

Meskipun keraton memiliki berat yang jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan dak konvensional namun untuk soal kekuatan keraton tidak perlu diragukan, Keraton yang dapat menahan beban hingga 750Kg/m, kekuatannya relative sama dengan pelat lantai konvensional.

3.EKONOMIS

Dak beton dibentuk dari pasir, batu pecah dan semen kemudian diberi tulangan baja. Bila menggunakan keraton, maka pemakaian beton dapat dihemat hingga 60%. Ini karena pengecoran beton hanya dilakukan pada lapisan diatas keraton (setebal 1-3cm) dan celah antara satu keraton dengan keraton lainnya. Tulangan baja yang digunakannya pun juga lebih sedikit karena menggunakan sistem tulangan searah. Secara mandiri dapat berfungsi sebagai perancah tetap, dipasang tanpa perlu pembongkaran. Jadi jelas dari segi perancah ada penghematan.

4.PROSES CEPAT

Bila menggunakan beton, plat/dak lantai harus diberi bekisting untuk menahan cetakannya. Sedangkan dengan keraton anda tidak perlu menggunakan cetakan dan bekisting dalam jumlah yang banyak. Bekisting hanya diletakkan pada ujung tumpuan balok. Karena keuntungan ini, anda dapat membuat plat/dak beton tanpa harus membongkar atap rumah keseluruhan terlebih dahulu.

5.EFEKTIF

Tidak banyak memerlukan Scafolding/kayu stagger ( penyangga cetakan pelat beton).

6.EFISIEN

Lebih efisien karena dapat dikerjakan secara bersamaan dengan perkerjaan yang lain di lantai bawah atau pun dibagian atasnya. Tidak hanya itu, bila rumah anda dibangun dari awal dengan menggunakan bekisting yang minim, pekerjaan finishing di lantai bawah dapat segera diselesaikan tanpa harus menunggu selesainya pembuatan plat/dak beton di atasnya.

7.ISOLATOR PANAS DAN BUNYI

Rongga didalam bata keraton ini juga memberikan keuntungan tambahan yaitu dapat meredam panas dan bunyi karena berfungsi sebagai isolator.

8.ARTISTIK / BERNILAI SENI

Seperti sering kita lihat pada bangunan bata espos yang artistik, hal itu berlaku pula pada bata keraton.

 

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi :

Karyono Pikal :  0821 2236 3777, Kami siap membantu anda 🙂

 

Trending Now : Arsitek Rumah Dak lantai Keraton